Sabtu, 07 Agustus 2010

Mempersiapkan Ramadhan Menjelang Akhir Bulan Sya'ban


Dari Khutbah Jumat yang saya dengar dari Khotib di masjid Lipi Bandung hari ini, ada beberapa cara untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan.

  1. Berpuasa atau mengurangi makan siang
    Dari Aisyah r.a. Menyebutkan : saya tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sunnah sebanyak di bulan Sya'ban..
    Jika kita masih berfikir “wah..bentar lagi puasa, brarti harus makan banyak2 dulu nih sbelum puasa tiba!”, sekarang saatnya kita ubah pemikiran tersebut. Seharusnya menjelang puasa kita justru harus berlatih untuk mengendalikan kelaparan kita. Untuk apa? Tentu agar tiba bulan ramadhan nanti kita sudah terlatih dan bisa lebih banyak beraktifitas yang bermanfaat.

  2. Memperbanyak amal ibadah
    Seperti kita semua tahu, di bulan ramadhan, pahala kita akan banyak dilipatgandakan. Nah, dari bulan sya'ban ini kita biasakan diri dulu untuk lebih banyak membaca quran, berinfak, shalat berjamaah di masjid..eh, jangan lupa amal itu tidak terbatas pada habluminallah saja. Tersenyum ketika bertemu teman, mengerjakan tugas-tugas kuliah atau organisasi dengan baik juga termasuk amal ibadah kan?

  3. Mulailah biasakan bangun pukul 03.00 dini hari
    di bulan Ramadhan nanti kita akan sering bangun dini hari untuk makan sahur, jika diantara kita masih ada yang beranggapan bahwa sahur itu tidak penting dan menganggap sahur itu cukuplah dengan minum air putih saja atau makan sebelum tidur pukul 01.00, paradigma itu juga harus diubah. Memang, sahur itu sunnah, akan tetapi yang membedakan puasa kita (umat Islam) dengan puasa agama lain adalah makan sahur itu. Disamping itu, sahur juga memberikan kita energi untuk beramal lebih optimal di siang hari bukan? Oya, ditambah lagi..bangun pagi juga bisa membuat kita shalat subuh berjamaah di masjid. :)

sekian,
semoga bermanfaat untuk menyambut bulan suci!

2 komentar:

  1. eh nemu blog nya Reda.
    semangat ya nulisnya.
    terus update - in web mahawarman juga ya.hhe~

    BalasHapus
  2. iya sunnah juga tuh bangun sahur mas

    BalasHapus